Musik Akustik

Musik akustik hanya semata-mata atau terutama menggunakan instrumen yang menghasilkan suara melalui cara-cara yang sepenuhnya akustik, dan merupakan kebalikan dari musik elektrik atau elektronik. Istilah "musik akustik" mengemuka setelah munculnya instrumen listrik, seperti gitar elektrik, organ elektrik, biola elektrik dan synthesizer.

Pemain musik akustik biasanya menaikkan volume output mereka dengan menggunakan amplifier elektronik. Namun, perangkat amplifikasi tetap terpisah dari instrumen dan mereproduksi suara alami secara akurat. Bhkan tak jarang mikrofon ditempatkan di depan sebuah instrumen akustik dan kemudian ditransfer ke amplifier.


Seiring meningkatnya popularitas acara televisi MTV Unplugged pada 1990-an, pertunjukkan musik akustik (meskipun dalam banyak kasus masih diperkuat elektrik) yang dilakukan oleh seniman musik yang tidak biasa mengandalkan instrumen elektronik kerap disebut sebagai pertunjukkan "unplugged" dalam bahasa sehari-hari.

Kritikus musik Craig Conley dalam tulisannya di majalah Splendid mengatakan, "Ketika musik diberi label akustik, unplugged, atau unwired, maka asumsi yang muncul adalah bahwa jenis-jenis musik yang lain telah terkontaminasi oleh teknologi serta sudah kelebihan produksi sehingga tidak murni lagi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar